Rabu, 16 Desember 2015

PERANGKAT PEMBELAJARAN PAI SMK GAJAH MADA 01 MARGOYOSO KELAS XI SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
SMK  Gajah Mada 01 Margoyoso
Mata Pelajaran
:
PAI
Kelas/Semester
:
XI/ 2
Pertemuan ke
:
1-2
Alokasi Waktu
:
4 x 45 menit
Standar Kompetensi
:
Memahami ayat-ayat Al Qur'an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Kode  Standar Kompetensi
:

Kompetensi Dasar
:
v 7.1Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
v 7.2.  Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
v 7.3.  Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27.

Indikator
:
v Membaca dan mengidentifikasi tajwid QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
v Menyimpulkan kandungan QS. Al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27.
v Menyimpulkan hasil diskusi

A.    TUJUAN  PEMBELAJARAN
Melalui Inquiry dan diskusi kelompok, siswa dapat ;
a.    Mendengarkan  bacaan guru, siswa mampu membaca kembali bacaan QS. Al Rum: 41-42dengan benar.
b.    Membaca  kembali bacaan QS Al-A’raf: 56-58, dengan benar.
c.    Membaca  kembali bacaan QS Ash Shad: 27, dengan benar.
d.   Menterjemahkan  bacaan QS. Al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27 ke dalam buku catatan.
e.    Mampu  menyebutkan ilmu tajwid dengan benar pada materi bacaan A QS. Al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27,.
f.     Menyimpulkan  kandungan QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27.
A.      MATERI PEMBELAJARAN
1. AYAT AL QUR`AN TENTANG MELESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP
A. Q.S. Ar-Ruum : 41 – 42 : Tentang Larangan Berbuat Kerusakan Di Bumi
ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ ,قُلْ سِيْرُوْا فِي اْلأَرْضِ فَانْظُرُوْا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلُ كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُّشْرِكِيْنَ , [ سورة الروم – 41 - 42 ]
Arti : Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: "Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)". (Ar-Rum : 41 - 42)

C. Kandungan Ayat :
 Kerusakan alam baik yang terjadi di daratan dan lautan adalah disebabkan karena berbuatan manusia yang suka melampaui batas.
&
 Akibat dari perbuatan manusia yang melampaui batas karena ulahnya maka akibatnya akan kembali kepadanya.
&
 Allah SWT menyeru kepada umatnya agar mempelajari sejarah-sejarah umat terdahulu, berbagai bencana yang menimpa umat terdahulu disebabkan karena perbuatannya yang suka melampaui batas dan karena kemusyrikan mereka.
&

2. BACALAH DAN SALINLAH DENGAN BENAR AYAT BERIKUT KEMUDIAN ARTIKAN
A. Q.S. Al-A’rof : 56 –58 : Tentang Larangan Berbuat Kerusakan
وَلاَ تُفْسِدُواْ فِي الأَرْضِ بَعْدَ إِصْلاَحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفاً وَطَمَعاً إِنَّ رَحْمَتَ اللهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ, وَهُوَ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْراً بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ. حَتَّى إِذَا أَقَلَّتْ سَحَاباً ثِقَالاً سُقْنَاهُ لِبَلَدٍ مَّيِّتٍ فَأَنْزَلْنَا بِهِ الْمَاءَ فَأَخْرَجْنَا بِهِ مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ. كَذَلِكَ نُخْرِجُ الْموْتَى لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ ,وَالْبَلَدُ الطَّيِّبُ يَخْرُجُ نَبَاتُهُ بِإِذْنِ رَبِّهِ. وَالَّذِي خَبُثَ لاَ يَخْرُجُ إِلاَّ نَكِداً. كَذَلِكَ نُصَرِّفُ الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَشْكُرُوْنَ [ سورة الأعراف : 58 56-]
Artinya: “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdo`alah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur”.Al-A’rof : 56-58)

C. Kandungan ayat :
A. Allah SWT melarang manusia berbuat kerusakan di muka bumi.
B. Allah SWT akan memberi rahmat kepada orang-orang yang selalu berbuat kebaikan dan selalu berdo’a kepadaNya.
C. Allah SWT mendatangkan hujan di tanah yang tandus, sehingga dapat ditanami berbagai macam buah-buahan. Perumpamaan itu adalah seperti Allah SWT membangkitkan manusia yang sudah mati kelak di akherat.
D. Penegasan Allah SWT bahwa di atas tanah yang subur, akan tumbuh berbagai macam tanaman dengan baik, sebaliknya di tanah yang tandus tanam-tanaman-nya tidak tumbuh dengan baik.
E. Orang yang bersyukur akan menyadari bahwa hal semacam itu merupakan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

3. BACALAH DAN SALINLAH DENGAN BENAR AYAT BERIKUT KEMUDIAN ARTIKAN
A. Qs. Shod : 27 – 28 : Tentang Keburukan Orang Yang Berbuat Kerusakan.
وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاءَ وَاْلأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلاً. ذَلِكَ ظَنُّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَوَيْلٌ لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنَ النَّارِ,أَمْ نَجْعَلُ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَالْمُفْسِدِيْنَ فِي اْلأَرْضِ أَمْ نَجْعَلُ الْمُتَّقِيْنَ كَالْفُجَّارِ [ سورة ص - 27-28 ]
Arti : “Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. Patutkah Kami menganggap orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh sama dengan orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi? Patutkah (pula) Kami menganggap orang-orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang berbuat ma`siat?”. (Shod : 27-28)

C. Kesimpulan Ayat :
 Allah SWT menegaskan bahwa langit dan bumi serta segala isinya adalah sengaja diciptakan untuk umat manusia, agar manusia dapat mengambil hikmahnya.
&
 Orang-orang yang beriman akan dapat mengambil hikmah dari segala apa yang diciptakan oleh Allah SWT yang berada dilangit dan di bumi, sedangkan orang-orang kafir mengingkari-nya.
&
 Keberadaan orang-orang yang beriman dan selalu berbuat amal shaleh akan berbeda dengan orang-orang kafir yang selalu berbuat mufsid (kerusakan). Orang-orang yang beriman dan berbuat amal shaleh akan mendaptkan surga sedangkan orang-orang kafir yang selalu berbuat mufsid (kerusakan) akan mendapatkan murka dari Allah SWT berupa siksa neraka.
&

B.       METODE PEMBELAJARAN
1.    Menjelaskan dengan LCD Projektor
2.     tanya jawab/diskusi
C.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE – 1
NO
TAHAPAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1
Kegiatan Awal


1.    Guru-siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran.
2.    Siswa menyiapkan kitab suci Al-Qur’an
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai

2
Kegiatan Inti
Eksplorasi     :
1.     Siswa menyimak dan mendengarkan bacaan QS. Al Rum: 41-42. (Rasa ingin tahu)
2.     Sambil menyimak, siswa memberi tanda ke dalam teks bacaan, terutama yang berkaitan dengan ilmu tajwid. (Kreatif, mandiri)
Elaborasi       :
1.    Masing-masing kelompok siswa menunjukkan kata kunci dalam QS. Al Rum: 41-42. (Kreatif, mandiri)
2.    Masing-masing siswa menanggapi penemuan contoh perilaku yang berkaitan dengan QS. Al Rum: 41-42. (Komunikatif)
3.    Masing-masing siswa menanggapi hasil temuan yang berkaitan dengan ilmu tajwid. (Menghargai prestasi)
Konfirmasi    :
1.    Menegaskan kembali bacaan QS. Al Rum: 41-42
2.    Masing-masing siswa menegaskan kembali bacaan kebenaran ilmu tajwidnya.

3
Kegiatan Akhir
1.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang tealh dipelajari. (toleransi)
2.      Guru menginformasikan mengenai topik selanjutnya. (komunikatif)
3.      Guru menutup pembelajaran dengan salam. (religius)

PERTEMUAN KE – 2
NO
TAHAPAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1
Kegiatan Awal


1.    Guru-siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdo’a bersama sebelum memulai pelajaran.
2.    Siswa menyiapkan kitab suci Al-Qur’an
3.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai

2
Kegiatan Inti
Eksplorasi     :
1.    Siswa menyimak dan mendengarkan bacaan QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27 (Rasa ingin tahu)
2.    Sambil menyimak, siswa memberi tanda ke dalam teks bacaan, terutama yang berkaitan dengan ilmu tajwid. (Kreatif, mandiri)
Elaborasi       :
1.    Masing-masing kelompok siswa menunjukkan kata kunci dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27 (Kreatif, mandiri)
2.    Masing-masing siswa menanggapi penemuan contoh perilaku yang berkaitan dengan QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27. (Komunikatif)
3.    Masing-masing siswa menanggapi hasil temuan yang berkaitan dengan ilmu tajwid. (Menghargai prestasi)
Konfirmasi    :
1.    Menegaskan kembali bacaan QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
2.    Masing-masing siswa menegaskan kembali bacaan kebenaran ilmu tajwidnya.

3
Kegiatan Akhir
1.    Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang tealh dipelajari. (toleransi)
2.    Guru menginformasikan mengenai topik selanjutnya. (komunikatif)
3.    Guru menutup pembelajaran dengan salam. (religius)

D.      ALAT /MEDIA BELAJAR
1.    Alat tulis
2.    White board
3.    LCD

E.       BUKU PEGANGAN GURU / SISWA
F.      INDONESIA. Departemen Agama (1996)  Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci.
G.      Sudarno, S.Ag (2009). Pendidikan Agama Islam Kls XI. Surakarta; New Master

H.      PENILAIAN
1.    Metode Penilaian  :
a.    Tes tertulis
b.    Observasi/ pengamatan
c.    Tugas dan Diskusi
2.    Soal/Tugas :
A.   Tes Tertulis                                                                
1)             Tulis kembali QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27 !
2)             Sebutkan beberapa bacaan tajwid di dalamnya.
3)             Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia !
Kunci Jawaban Test tertulis :
1.      Al Qur'an surat al Rum: 41-42:
tygsß ßŠ$|¡xÿø9$# Îû ÎhŽy9ø9$# ̍óst7ø9$#ur $yJÎ/ ôMt6|¡x. Ï÷ƒr& Ĩ$¨Z9$# Nßgs)ƒÉãÏ9 uÙ÷èt/ Ï%©!$# (#qè=ÏHxå öNßg¯=yès9 tbqãèÅ_ötƒ ÇÍÊÈ ö@è% (#r玍ŠÎû ÇÚöF{$# (#rãÝàR$$sù y#øx. tb%x. èpt7É)»tã tûïÏ%©!$# `ÏB ã@ö6s% 4 tb%x. OèdçŽsYò2r& tûüÏ.ÎŽô³B ÇÍËÈ

2.      QS Al-A’raf: 56-58;
Ÿwur (#rßÅ¡øÿè? Îû ÇÚöF{$# y÷èt/ $ygÅs»n=ô¹Î) çnqãã÷Š$#ur $]ùöqyz $·èyJsÛur 4 ¨bÎ) |MuH÷qu «!$# Ò=ƒÌs% šÆÏiB tûüÏZÅ¡ósßJø9$# ÇÎÏÈ uqèdur Ï%©!$# ã@Åöãƒ yx»tƒÌh9$# #MŽô³ç0 šú÷üt/ ôytƒ ¾ÏmÏGuH÷qu ( #Ó¨Lym !#sŒÎ) ôM¯=s%r& $\/$ysy Zw$s)ÏO çm»oYø)ß 7$s#t6Ï9 ;MÍh¨B $uZø9tRr'sù ÏmÎ/ uä!$yJø9$# $oYô_t÷zr'sù ¾ÏmÎ/ `ÏB Èe@ä. ÏNºtyJ¨V9$# 4 šÏ9ºxx. ßl̍øƒéU 4tAöqyJø9$# öNä3ª=yès9 šcr㍞2xs? ÇÎÐÈ à$s#t7ø9$#ur Ü=Íh©Ü9$# ßlãøƒs ¼çmè?$t6tR ÈbøŒÎ*Î/ ¾ÏmÎn/u ( Ï%©!$#ur y]ç7yz Ÿw ßlãøƒs žwÎ) #YÅ3tR 4 y7Ï9ºxŸ2 ß$ÎhŽ|ÇçR ÏM»tƒFy$# 5Qöqs)Ï9 tbráä3ô±o ÇÎÑÈ
3.      QS Ash Shad: 27
$tBur $uZø)n=yz uä!$yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur $tBur $yJåks]÷t/ WxÏÜ»t/ 4 y7Ï9ºsŒ `sß tûïÏ%©!$# (#rãxÿx. 4 ×@÷ƒuqsù tûïÏ%©#Ïj9 (#rãxÿx. z`ÏB Í$¨Z9$# ÇËÐÈ
4.      Menyebutkan bacaan tajwidnya :
Mathobii
Izhar Qomariyah
Qolqolah  sughro
$tBur $uZø)n=yz uä!$yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur $tBur $yJåks]÷t/ WxÏÜ»t/ 4 y7Ï9ºsŒ `sß tûïÏ%©!$# (#rãxÿx. 4 ×@÷ƒuqsù tûïÏ%©#Ïj9 (#rãxÿx. z`ÏB Í$¨Z9$# ÇËÐÈ

5.      Terjemahan
a.       QS. al Rum: 41-42
41.  Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
42.  Katakanlah: "Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)."
b.      QS Al-A’raf: 56-58
56.  Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (Tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.
57.  Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu Telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu, Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. seperti Itulah kami membangkitkan orang-orang yang Telah mati, Mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.
58.  Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya Hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (kami) bagi orang-orang yang bersyukur.
c.       QS Ash Shad: 27
27.  Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, Maka celakalah orang-orang kafir itu Karena mereka akan masuk neraka.
B.   Tes Lisan : membaca
1.    Bacakan QS Al-A’raf: 56-58 dengan benar !

No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1






2






3






4






5






Dst






Keterangan :                                                                        Skor Tes Perbuatan
1.   Membaca lancar dan benar                                          =  80-90 = A
2.   Membaca lancar kurang baik                                        =  70-79 = B
3.   Membaca terbata-bata                                                  =  60-69 = C
4.   Membaca terbata-bata dengan bantuan guru               =  50-59 = D
5.   Tidak dapat membaca                                                   =  kurang dari 50 = E


Margoyoso,    Januari 2015
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Gajah Mada 01 Margoyoso                  Pendidikan Agama Islam


Dra. Woro Lestariningsih, M.Pd.                            Jarwo, S.Pd.I
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar